Cara Menghitung Usia Kehamilan dalam Bulan yang Benar

0
67
cara menghitung usia kehamilan
cara menghitung usia kehamilan

perlu cara menghitung usia kehamilan yang benar, agar taksiran hari kelahiran yang diberikan tidak banyak mengalami kesalahan. Dengan perhitungan yang benar juga dapat memberikan nutrisi yang memang sesuai dengan pertumbungan dan juga perkembangan janin.

Cara menghitung usia kehamilan dapat dilakukan dengan berbagai cara, mulai cara yang bisa dilakukan sendiri atau dengan bantuan dokter dan juga bidan. Berikut cara menghitung usia kehamilan yang benar adalah :

  • Cara Menghitung Usia Kehamilan Menggunakan HPHT

Ini adalah salah satu cara untuk mengetahui usia kehamilan dengan cara menghitung siklus haid yang diamali. Hari pertama Haid Hari Terakhir Haid ini bisa dilakukan pada wanita yang memang memiliki haid yang teratur. Cara ini adalah cara yang memang paling mudah untuk dilakukan karena memang hanya menggunakan tanggal haid ke dalam rumus.

  • Menghitung kehamilan melalui gerakan janin

Cara yang bisa dilakukan untuk mengetahui usia kehamilan adalah dengan melalui gerakan janin. Cara ini dapat dilakukan sendiri pada saat merasakan gerakan pertama janin. Gerakan yang terjadi ini memiliki perbedaan apa yang dialami oleh ibu yang pertama kali mengandung denga ibu yang sudah pernah mengandung sebelumnya.

  • Menghitung usia kehamilan dengan cara suara jantung

Untuk dapat mengetahui usia kehamilan bisa dengan cara melalui suara jantung. Biasanya pada kehamilan memasuki bulan ke 2 detak jantung dapat terdeteksi. Denyut jantung bisa 90-110 denyutan permenitnya. Apabila pada usia tersebut tidak ditemukannya detak jantung, maka akan dikaitkan dengan resiko yang tinggi mengalami keguguran.

  • Menghitung usia kehamilan dengan cara tinggi Fundu Uteri

Pada metode ini untuk mengetahui usia kehamilan bisa dengan cara menghitung tinggi fundu uteri. Alat yang digunakan bisa menggunakan pita pengukuran. Selain itu melalui pengukuran fundu uteri ini dapat juga memberikan informasi progresif janin.

  • Menghitung usia kehamilan dengan cara USG

Menghitung kehamilan dengan cara USG bisa dilakukan jika sudah mendapatkan telat haid lebih dari satu bulan. Dengan USG ini dapat memlihat janin secara utuh.

Berikut tadi cara menghitung usia kehamilan dalam bulan dengan benar.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here