Tips Sederhana Merawat Rambut Kering Pada Pria

0
39
perawatan rambut pria
perawatan rambut pria

 

Selain wanita, rambut kering juga sering dialami oleh para pria. Para ahli menyebutkan bahwa yang menyebabkan rambut menjadi kering diakibatkan oleh dua faktor, yaitu faktor eksternal, dan faktor internal. Faktor eksternal berasal dari penggunaan shampo yang tidak tepat, paparan sinar matahari dan lain sebagainya. Sedangkan faktor internal berasal dari kekurangan gizi, mengkonsumsi obat-obatan dan lain sebagainya. Berikut ada beberapa cara sederhana perawatan rambut pria yang kering, diantaranya:

  1. Jangan terlalu sering mencuci rambut
    Pada dasarnya shampo yang kita gunakan itu mengandung bahan kimia yang akan memberikan dampak yang tidak baik jika digunakan terlalu sering. Sedangkan kulit kepala memproduksi minyak alami yang berfungsi untuk melembabkan kulit kepala dan rambut. Jika dicuci terlalu sering, minyak alami yang terdapat pada kulit kepala dapat terangkat dan menghilang. Sehingga membuat rambut anda menjadi kering dan gatal-gatal. Untuk itu lakukan pencucian rambut secara teratur minimal dua hari sekali tergantung kondisi rambutnya.
  2. Perlakukan rambut sebaik mungkin
    Rambut yang kering merupakan rambut yang mudah rapuh. Untuk itu anda perlu memperlakukan rambut yang kering dengan sebaik mungkin. Diantaranya saat menggosok rambut, gunakanlah jari secara perlahan. Jangan menggunakan kuku karena dapat menyebabkan rambut mudah patah. Sebaiknya gunakan ujung jari anda sambil melakukan pemijatan secara lembut untuk merangsang kelenjar minyak pada kulit kepala anda.
  3. Menggunakan kondisioner
    Tidak ada salahnya jika pria juga menggunakan kondisioner untuk rambutnya. Untuk rambut yang kering, pilihlah kondisioner yang tidak mengandung alkohol. Cara membedakannya anda bisa menciumnya lewat aroma yang dikeluarkan oleh produk tersebut. Gunakan kondisioner sesaat setelah keramas. Namun ingat, kondisioner ini hanya untuk batang rambut saja, tidak untuk akar rambut.
  4. Potong rambut secara teratur
    Selain membuat rambut anda lebih rapi, memotong rambut secara tertaur dapat membuang rambut yang kering secara bertahap. Potonglah satu sampai dua centimeter dari rambut yang bercabang.

Itulah beberapa tips sederhana perawatan rambut pria yang kering. Untuk itu pilihlah clear yang dapat merawat berabagai masalah rambut pada pria.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here