Pengaruh Teknologi Terhadap Perkembangan Anak

0
55
generasi alpha
generasi alpha

Teknologi di masa sekarang di mana arus globalisasi dan informasi yang didapatkan bisa dengan mudah. Hal tersebut menjadi salah satu dampak yang bisa berpengaruh terhadap perkembangan anak. Oleh karena itu perlu bimbingan dan edukasi dari orang tua sebagai lingkungan pertama yang memberikan pengarahan ke arah positif terhadap anak yang merupakan salah satu generasi alpha di era teknologi saat ini dan masa depan.

Dunia sekarang semakin maju, arus globalisasi tidak bisa dibendung. Berbagai kegiatan sekarang bisa dilakukan dengan menggunakan media teknologi sebagai salah satu alat yang menjadi perantara berbagai kegiatan dimulai untuk kegiatan komunikasi sampai urusan jual beli. Fenomena tersebut tentu berdampak besar pada generasi keturunan yang merupakan generasi alpha dimana arus informasi tidak sangat cepat didapatkan.

Dengan adanya masa di mana masa yang merupakan perkembangan dunia teknologi sebagai bahan utama dalam pendidikan tiada salahnya memberikan pengenalan dan pendidikan kepada anak. Salah satu yang dirasa penting untuk masa sekarang sehingga anak diarahkan pada hal yang positif.

Namun, jika sebagai orang tua kita terkesan kurang perhatian terhadap perkembangan teknologi di era sekarang ini dan kurang memberikan pengetahuan kepada anak bisa menjadikan hal yang buruk dan malah menjadi negatif untuk perkembangan anak. Seperti sekarang yang merupakan gadget smartphone, laptop, komputer dan internet menjadi salah satu teman di keseharian tidak menutup kemungkinan jika kita tidak memberikan pendidikan pemahaman selagi dini maka berbagai dampak bisa saja terjadi seperti anak menjadi autis atau kurang sosialisasi dengan lingkungannya karena terlalu mementingkan gadget. Pengaruh internet juga bisa menjadi salah satu bumerang yang kurang baik bagi perkembangan anak jika kita sebagai orang tua tidak mengarahkan kepada hal yang positif.

Sebagai orang tua tentunya menjadi salah satu yang bertanggung jawab terhadap perkembangan anak. Apalagi sekarang yang disebut generasi alpha  yang merupakan generasi di mana teknologi yang menjadi bahan keseharian dan di masa depan. Untuk hal itu, langkah pertama yang harus diperhatikan dan diberikan pemahaman adalah dengan memberikan pengenalan dan membimbing anak kita dalam menggunakan hasil teknologi secara bijaksana. Terutama dalam penggunaan gadget dan internet yang merupakan media di mana informasi didapatkan secara mudah. Belum lagi berbagai kegiatan yang dilakukan menggunakan internet sangat lah luas, oleh karena itu sebagai orang tua perlu membatasi pada masa usia kecil dan masa pertumbuhan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here