Cara Merawat Anak Dengan Baik Ketika Sakit

0
44
cara merawat anak dengan baik
cara merawat anak dengan baik

Setiap manusia di dunia ini tentunya tidak akan selamanya dalam kondisi yang sehat. Terkadang kita berada dalam kondisi yang lemah yang disebabkan oleh berbagai jenis penyakit yang menyerang kita. Begitupun untuk anak – anak, terkadang mereka sehat, terkadang juga sakit.

Nah, sebagai orang tua yang sangat memperhatikan anaknya, maka kita berkewajiban untuk senantiasa merawat mereka yang tengah sakit dengan berbagai cara yang baik dan benar sehingga meskipun mereka dalam kondisi yang tidak sehat, mereka tetap memiliki kepercayaan diri yang tinggi sehingga akan membantu mereka untuk cepat sembuh dari sakit. Banyak cara merawat anak dengan baik ketika mereka sakit, anda bisa berkonsultasi dengan dokter atau ahli anak tentang bagaimana cara yang benar untuk merawat anak yang sedang dalam kondisi sakit.

Sebagai tambahan pengetahuan bagi anda, berikut akan dijelaskan tentang cara merawat anak dengan baik ketika mereka dalam kondisi sakit agar mereka tetap merasakan kenyamanan yang maksimal sehingga akan membantu mereka dalam proses penyembuhan. Adapun beberapa cara tersebut adalah sebagai berikut :

  1. Berikan dukungan emosional. Anda bisa melakukannya dengan cara Duduk bersamanya, Membacakan cerita untuknya, Bernyanyi untuknya, Menggenggam tangannya dan Mendekapnya.
  2. Tinggikan sandaran kepala anak. Batuk bisa menjadi semakin parah jika kepala anak sejajar dengan punggungnya. Agar kepala anak Anda tetap terangkat, letakkan buku atau handuk di bawah kasur bagian kepala atau di bawah kaki ranjang bagian kepala.
  3. Nyalakan pelembab udara. Gunakan pelembap udara atau penguap udara dingin (cool-mist vaporizer) agar kamar anak tetap lembap. Itu bisa mengurangi batuk, mampet, dan ketidaknyamanan.
  4. Sediakan lingkungan yang tenang. Jaga rumah Anda setenang dan setentram mungkin agar anak Anda lebih mudah untuk beristirahat. Stimulasi dari televisi atau komputer mencegah tidur dan anak Anda membutuhkan istirahat sebanyak-banyaknya, jadi, sebaiknya Anda mempertimbangkan untuk menyingkirkan alat-alat elektronik dari kamar anak atau setidaknya membatasi pemakaian alat elektronik anak Anda.
  5. Cara merawat anak dengan baik saat sakit beriutnya adalah menjaga suhu rumah anda tetap nyaman. Ada baiknya Anda menyetel suhu ruangan di kisaran 18 sampai 22 derajat Celsius, tetapi Anda juga bisa menyesuaikan suhunya jika anak merasa kedinginan atau kepanasan.