Berita Politik Terbaru Bantuan Untuk Yaman Tersalurkan

0
217
Berita Politik Terbaru
Berita Politik Terbaru

Berita politik terbaru timur tengah terkait gencatan senjata kemanusiaan yang mulai berlaku di Yaman ini memang sangat menarik perhatian. Berbagai macam sumber referensi berita terpercaya bisa Anda akses melalui website matamatapolitik.com. sebuah perintis media berita online dengan sumber referensi yang terpercaya.

Berita politik terbaru yang tengah menjadi perbincangan hangat baik dalam kancah nasional maupun internasional datang dari timur tengah. Gencatan senjata yang berlangsung demi aksi kemanusiaan telah diberlakukan oleh berbagai pihak. Pada hari Selasa malam, berbagai pihak yang berperang di Yaman sepakat akan meletakkan senjata dan akan mematuhi gencatan senjata berlangsung selama 5 hari. Gencatan senjata yang berlaku ini membuat peluang bagi relawan untuk memberikan serta sangat memungkinkan untuk mengirimkan bantuan kemanusiaan ke Yaman. Bantuan yang ditujukan untuk memenuhi kebutuhan kaum sipil di dalam negara yang dilanda oleh peperangan.

Berita Politik Terbaru
Berita Politik Terbaru

Pasukan pemerintahan serta koalisi yang dipimpin oleh Saudi dan pemberontak Houthi telah melakukan serangan udara di Yaman selama kurang lebih enam pekan terakhir. Namun semua pihak telah berjanji akan mematuhi gencatan senjata tersebut, meskipun tidak ada jaminan gencatan senjata dapat bertahan karena pertempuran terus berlangsung hingga Senin.

Saat menjelang batas waktu diadakannya gencatan senjata, Valerie Amos sebagai pimpinan bantuan kemanusiaan PBB mengimbau kepada semua pihak yang terlibat dalam perang untuk menghentikan kekerasan serta membiarkan para relawan membantu menyediakan perawatan medis, menyediakan bantuan makanan, menjamin  adanya air bersih serta memungkinkan warga sipil mengungsi ke daerah yang lebih aman dan terhindar dari peperangan.

Dalam sebuah pernyataan tertulis, Amos mengatakan jika keadaan kemanusiaan yang ada di lapangan Yaman semakin memburuk. Ratudan ribu warga sipil terancam akan terperangkap di tengah peperangan yang terjadi dan tidak akan mendapatkan bantuan makanan guna menyambung nyawa. Untuk itu, gencatan senjata dalam peperangan tersebut sangat penting agar bisa terwujud.

Pertempuran yang terjadi di Yaman telah membuat banyak sekali korban berjatuhan. Banyaknya korban yang tewas dalam peperangan tersebut lebih dari 1.400 orang. Konflik yang terjadi itu melibatkan pemberontak Houthi yang menguasai ibukota sejak bulan September. Setelah menguasai ibukota, kemudian Pemberontak Houthi maju ke selatan dalam serangan sebelumnya. Pada peperangan tahun ini memaksa Presiden Abdu Rabu Mansour Hadi melarikan diri ke Arab Saudi. Karena permintaan Hadi, Saudi serta sekutu mereka melancarkan serangan udara terhadap Houthi pada bulan Maret yang lalu.

Berita politik terbaru dari timur tengah memang menjadi salah satu berita yang paling dicari. Melalui matamatapolitik.com Anda bisa mengakses seluruh berita politik baik dalam maupun luar negeri. Website yang memiliki visi dan misi memberikan informasi yang dapat dipercaya ini mrnggunakan referensi dari web internasional yang kelas akurat dan terpercaya.