Fungsi Oli Pada Motor Matic

0
173
oli motor matic terbaik
oli motor matic terbaik

Motor matic atau skutik kini memang sedang menjadi trend. Pasalnya, jenis motor ini dianggap praktis, tidak harus mengganti kopling atau persneling. Kini pun ada banyak sekali model motor matic yang bisa dipilih. Bahkan dari berbagai merk kendaraan mengeluarkan model yang beragam untuk motor jenis skutik ini.

Sayangnya, di balik kepraktisannya tersebut, dibutuhkan perawatan yang konsisten. Jika tidak, mesin akan cepat rusak. Salah satu kegiatan yang harus rutin dilakukan adalah mengganti oli. Jika kelupaan, bisa berbahaya. Komponen mesin bisa cepat aus, bunyi mesin kasar, engkol mesin terkunci, boros bensin, dan yang paling parah mengakibatkan turun mesin.

Fungsi Oli

Hasil gambar untuk Oli Motor Matic top 1


Oli diibaratkan darah dalam tubuh manusia, jadi sangat vital untuk sebuah kendaraan. Memilih oli motor matic terbaik sangat disarankan. Ini untuk menjaga performa kendaraan Anda.

Jika masih bingung dengan kegunaan oli, berikut beberapa fungsi oli yang harus Anda ketahui.

2. Pelumas

Oli sangat dibutuhkan kendaraan sebagai pelumas. Oli memiliki tugas beredar ke bagian-bagian mesin yang bergerak. Biasanya, digunakan sebagai lapisan komponen tersebut. Jika oli habis, bisa dibayangkan bagaimana gesekan terjadi antara komponen mesin? Mesin akan cepat aus dan rusak.

2. Pembersih

Tidak hanya bertugas sebagai pelumas, oli juga memiliki tugas sebagai pembersih. Karena tugasnya yang harus beredar ke beberapa komponen mesin, oli juga akan sekaligus membawa kotoran dari sisa pembakaran di daerah seperti dinding silinder atau metal.

3. Penyerap Panas

Oli juga digunakan untuk menyerap panas. Jadi ketika mesin hidup, akan terjadi proses pembakaran. Panas tersebut kemudian dijadikan tenaga untuk menjalankan kendaraan. Oli memiliki tugas menyampaikan suhu panas tersebut pada bagian metal, dinding silinder, maupun piston.

4. Mencegah Karat

Fungsi lain dari oli adalah mencegah karat. Oli melindungi mesin, jadi tidak mudah teroksidasi.

Melihat betapa vitalnya fungsi oli, penting sekali memilih oli motor matic terbaik. Ini supaya mesin motor Anda bisa terjaga dan dapat digunakan secara maksimal. Salah satu oli matic terbaik adalah produksi dari TOP 1. Selain dirancang khusus untuk kendaraan matic, juga lebih tahan lama.

Harga yang ditawarkan pun terjangkau. Untuk motor matic, Top 1 menawarkan 3 pilihan oli yang dapat digunakan, yakni Top 1 SMO Action Matic 10W-40, Top 1 SMO Action 10W-30, dan Top 1 SMO Action Matic 20W-40. Anda bisa menyesuikan dengan kebutuhan.