Makanan Sehat untuk Buka Puasa di Bulan Ramadhan

0
258
jadwal buka puasa Ramadhan
jadwal buka puasa Ramadhan

Demi kelancaran menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadhan, Anda harus benar-benar menjaga kesehatan tubuh. Istirahat yang cukup dan berolahraga adalah salah satu rutinitas yang tidak boleh ditinggalkan. Bukan hanya itu saja, tetapi menu makan atau takjil saat buka puasa juga tidak boleh sembarangan memilih. Anda harus lebih selektif dalam memilih menu makanan yang sehat untuk menemani jadwal buka puasa Ramadhan.

Fakta, Tubuh Memerlukan Asupan Makanan Sehat

Puasanya secara garis besar adalah menahan diri dari segala sesuatu yang membatalkan puasa, salah satunya adalah tidak makan pada waktu siang hari. Mungkin karena tidak adanya asupan makanan, sehingga lambung berhenti secara total dari fungsi utamanya. Otomatis, tubuh akan kehilangan banyak energi dan cairan. Untuk mengantisipasi hal tersebut, yaitu dengan memperhatikan menu buka puasa dengan makanan yang sehat dan bernutrisi.

Agar tidak salah memilih makanan untuk menemani jadwal buka puasa Ramadhan bersama keluarga, kami akan jelaskan beberapa jenis makanan sehat yang baik dikonsumsi saat berbuka puasa.

jadwal buka puasa Ramadhan
jadwal buka puasa Ramadhan

1. Buah-buahan Segar

Sebagian buah-buahan segar yang rasanya manis alami, tepat sekali dijadikan menu makan/takjil untuk berbuka puasa. Mengapa? Karena mengandung nutrisi, vitamin, dan serat yang baik untuk kesehatan lambung yang seharian tidak mengolah makanan. Dengan lambung yang sehat, proses pengolahan makanan dan energi yang disebarkan ke seluruh tubuh akan berjalan dengan lancar. Salah satu buah-buahan segar tersebut, misalnya melon dan pepaya. Buah-buahan tersebut kaya akan serat dan mampu mengembalikan energi yang hilang. Selain itu, semangka, anggur, dan pir juga sangat baik dikonsumsi saat berbuka karena dapat mencegah tubuh terhidrasi.

2. Sayur-sayuran Segar

Selain buah-buahan yang mengandung serat alami, sayuran juga hampir memiliki kesamaan. Bedanya, makanan jenis sayuran lebih mudah dicerna oleh organ dalam tubuh. Sehingga, sistem pencernaan Anda akan tetap lancar dan tubuh pun semakin sehat di bulan penuh berkah ini. Jenis sayur-sayuran segar yang kami maksud, seperti halnya sayuran segar hijau. Mengapa? Karena sayuran segar hijau mengandung banyak nutrisi, protein, serat , mineral, zat besi, dan vitamin, tentunya kandungan-kandungan tersebut sangat diperlukan tubuh untuk memaksimalkan kebutuhannya.

3. Madu Alami (asli)

Mungkin madu bukanlah jenis makanan padat (nasi), tetapi kandungan di dalamnya sangat kaya akan zat besi, kalsium, vitamin, antioksidan, mangan, dan sulfur. Tentunya, kandungan-kandungan tersebut tidak terdapat pada jenis makanan padat yang lama untuk diproses/dicerna oleh lambung.Mengonsumsi madu saat berbuka puasa sangat diperlukan, yaitu untuk melancarkan metabolisme di dalam tubuh saat berpuasa. Tubuh yang kehilangan banyak energi karena berpuasa, pastinya membuat stamina tubuh menjadi menurun. Untuk mengembalikan stamina dan energi yang hilang tersebut, Anda memerlukan sebuah kandungan glukosa dan fruktosa yang bisa Anda temukan pada madu alami (asli).

4. Kurma

Mungkin makanan yang satu ini sangat identik dengan Kerajaan Arab Saudi. Memang benar, karena pemasok atau penghasil kurma terbesar saat ini hanya di negara tersebut. Di Indonesia sendiri, kurma lebih populer sebagai makanan pembuka saat takjil. Hal tersebut berdasarkan keterangan dari hadist Nabi SAW. Di dalam kurma terdapat beberapa kandungan yang cukup istimewa dan sangat diperlukan tubuh saat berpuasa. Salah satunya adalah sukrosa, glukosa, dan fruktosa, bahkan kandungan kalorinya sangat rendah. Alhasil, makanan kesukaan Nabi SAW ini bisa Anda jadikan menu makan sehat saat berbuka puasa (takjil).

Itulah beberapa jenis makanan sehat untuk menemani jadwal buka puasa Ramadhan Anda bersama keluarga tercinta.