Marihad Simbolon Pengusaha Sukses dari Indonesia

0
229
Marihad Simbolon
Marihad Simbolon

Indonesia memiliki banyak pengusaha sukses yang menjadi inspirasi banyak orang. Salah satunya adalah Marihad Simbolon. Beliau adalah pengusaha yang bergelut dalam dunia bisnis sejak masih muda. Hanya berbekal tekad dan semangat, dan bermodal 1 unit truk saja, kini perusahaan yang ia dirikan telah berhasil menjadi salah satu perusahaan raksasa di Indonesia, yaitu PT. Parna Raya Group. 1 unit truk yang ia gunakan pada saat itu menjadi kendaraan pengangkut dari Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta. Bermula dari 1 truk tersebut, beliau kemudian berhasil mengembangkan usahanya dan hingga kini perusahaan yang ia dirikan telah memiliki ratusan unit truk yang siap  melayani setiap perusahaan yang membutuhkan layanan logistik atau transportasi angkutan.

Melihat bisnis logistiknya yang kian meningkat, beliau kemudian melakukan ekspansi bisnis besar-besaran di tahun 1990-an, yaitu dengan melakukan pembelian sebuah kapal laut untuk melebarkan sayap bisnisnya di bidang transportasi. Armada transportasi yang ia beli kemudian diberi nama Parnaraya-8, Parnaraya-18 dan terakhir Parnaraya-28.Armada lautnya siap membantu perusahaan-perusahaan besar untuk mengantarkan barangnya hingga sampai ke tujuan. 7 tahun setelah pembelian kapal laut tersebut, Bapak Marihad Simbolon bersama perusahaannya kembali melakukan pembelian sebuah kapal laut lagi. Kali ini 1 buah kapal lagi ditambahkan. Kapal tersebut diberi nama Parnaraya-38. Armada laut barunya ini memiliki kapasitas hingga 22.600 ton semen curah,  yang dikhususkan untuk mengangkut semen milik PT. Semen padang dan PT. Semen Tonasa.

Setelah dirinya sukses di bidang transportasi, beliau pun kemudian mendirikan anak-anak perusahaan yang tersebar hingga ke luar negeri. Mulai dari Kalimantan, Sumatera, Australia dan beberapa tempat lainnya. Pak Sim pun kemudian mendirikan perusahaan yang bergerak pada sektor energi, logistik, petrokimia, investasi, dan infrastruktur migas. Kelima perusahaan-perusahaan tersebut merupakan pilar dari Parna Raya Group sebagai salah satu perusahaan raksasa di tanah air.

Itulah sejarah singkat tentang Marihad Simbolon, pendiri PT. Parna Raya Group. Kisah kesuksesannya bisa menjadi inspirasi bagi banyak orang. Karena, beliau adalah orang yang gigih berjuang mendirikan perusahaan besar hanya bermodalkan 1 unit truk saja.