3 Cara Menguji Perhiasan Berlian Asli

0
142
Perhiasan Berlian Asli
Perhiasan Berlian Asli

Untuk mengecek perhiasan berlian asli atau tidaknya tentunya menerapkan trik tersendiri. Namun disini saya akan memberitahu cara yang bisa kalian lakukan untuk mengetahui aslinya berlian dan tidaknya. Jika perhiasan yang bertahtakan berlian di atasnya, maka lakukan beberapa tes berikut ini untuk mengecek keasliannya:

Tes dengan embun

Lakukan tes air embun dengan cara menghembuskan nafas ke arah berlian seperti halnya menghembus cermin. Kemudian lihatlah hasilnya, Jika embunnya bertahan sampai 5 detik, maka bisa jadi kemungkinan berlian kalian palsu. Jika embun lebih cepat mengering, maka ini ciri berlian asli. Sebab berlian asli mendispersikan panas dari suhu nafas dan tidak mudah berembun. Supaya lebih mudah mengeceknya, lakukan terhadap 2 berlian sekaligus, yaitu berlian yang sudah terbukti keasliannya serta berlian yang belum tentu keasliannya.

Tes Stempel

Perhiasan berlian asli umumnya bernilai mahal, sehingga kebanyakan dipasangkan dengan logam mulia seperti emas ataupun platina. Lihatlah keaslian berlian dengan melihat stempel yang terdapat pada logam mulia.

Cek dengan Kaca Pembesar atau Lup

Jika kalian membeli berlian dari toko perhiasan, biasanya penjual akan membuktikannya dengan menggunakan kaca pembesar khusus ( lup ). Dengan begitu kalian bisa mengecek keaslian berlian dengan meminjam lup di toko perhiasan. Perhatikan juga  apabila Berlian terdapat cacat kecil yang alami, yang disebut dengan inklusi. Biasanya berbentuk serpihan kecil mineral lain ataupun perubahan warna yang terlihat sangat halus.

Jika menemukannya, maka kemungkinan besar kalian mendapati berlian yang asli, walaupun cacat. Berlian tidak ter dapati kecacatan, artinya berlian tersebut diproduksi pada lingkungan yang steril dan bukanlah terbentuk secara alami di dalam perut bumi. Biasanya berlian ini merupakan Cubic Zirconia yang dinamakan berlian buatan. Tetapi hal ini tidak dapat dijadikan patokan secara 100% sebab ada juga berlian asli yang Nampak sempurna dan tidak ada cacatnya.

Jangan menjadikan kecacatan sebagai ukuran yang utama dalam menentukan keaslian berlian yang kalian miliki. Pastikanlah dengan cara melakukan tes yang lain terlebih dahulu.