Sektor Industri Andalan yang Dimiliki Indonesia

0
31
pengembangan industri di indonesia
pengembangan industri di indonesia

Perlu diketahui bahwa pengembangan industri di Indonesia dilakukan dengan mulai memahami dahulu industri apa saja yang menjadi sektor andalan. Pengembangan dapat dilakukan melalui beberapa upaya, seperti menyusun inovasi produk dan menyiapkan tenaga kerja yang terampil serta berkompeten pada bidangnya. 

Indonesia memiliki begitu banyak sektor industri, diantaranya adalah industri barang logam, industri pariwisata, industri barang elektronik, industri makanan dan minuman, dan masih banyak lainnya. 

Sektor Industri Andalan yang Dimiliki Indonesia

Dari berbagai sektor industri yang ada, beberapa diantaranya memiliki pengaruh besar dalam meningkatkan pendapatan negara, sehingga dapat dikatakan menjadi sektor andalan dan turut berpengaruh dalam pengembangan industri di Indonesia. Dan berikut adalah 3 sektor industri andalan yang dimiliki oleh Indonesia :

pengembangan industri di indonesia
pengembangan industri di indonesia

1. Sektor Industri Makanan dan Minuman

Kaya akan keanekaragaman rasa kulinernya, berbicara mengenai sektor industri makanan dan minuman di Indonesia seakan tak akan ada habisnya. Sektor industri yang satu ini memiliki kontribusi besar dalam menopang pertumbuhan ekonomi nasional. 

Oleh karenanya, pemerintah selalu berupaya menjaga ketersediaan bahan baku yang dibutuhkan oleh industri makanan dan minuman. Hal ini guna meningkatkan produktivitas para produsen industri makanan dan minuman dan diharapkan dapat bersaing pada pangsa pasar global. 

2. Sektor Industri Pariwisata

Selain kuliner, Indonesia memiliki daya tarik pada sektor pariwisata. Sektor satu ini berperan besar dalam menyumbangkan devisa Indonesia. Memiliki keindahan alam dan destinasi yang beragam, Indonesia menjadi tujuan mengisi liburan bagi wisatawan mancanegara. 

Badan Pusat Statistik menyatakan, terdapat beberapa provinsi yang sering dikunjungi oleh wisatawan, yakni Bali, DKI Jakarta, Yogyakarta, dan Jawa Timur.

3. Sektor Industri Tekstil dan Pakaian Jadi

Industri tekstil memiliki peran penting dalam pengembangan industri di Indonesia. Seiring meningkatnya sektor industri tekstil dan pakaian jadi, semakin meningkat pula perekonomian Indonesia. 

Meski masih di bawah China dan India, namun dari tahun ke tahun persentase ekspor industri tekstil dan pakaian jadi di Indonesia selalu mengalami peningkatan. Sayangnya terdapat hambatan berupa ketersediaan bahan baku kapas yang membuat laju industri tekstil dan pakaian jadi di Indonesia menjadi tidak stabil.

Demikianlah 3 sektor industri andalan yang dimiliki oleh Indonesia yang perlu diketahui.