Tips Mengolah Makanan Bergizi Untuk Anak

0
110
makanan bergizi untuk anak
makanan bergizi untuk anak

Salah satu tanggung jawab seorang Ibu adalah memastikan asupan makanan bergizi anak tercukupi. Memang hal ini tidaklah mudah, apalagi jika anak sudah mulai pilih-pilih makanan dan menyortir beberapa makanan bergizi. Namun Ibu tidak perlu khawatir, Ibu hanya perlu bersabar dan meningkatkan kreatifitas untuk mengolah makanan bergizi untuk anak. Berikut ini langkah mudah mengolah makanan bergizi yang perlu Ibu perhatikan:

makanan bergizi untuk anak
makanan bergizi untuk anak

source: https://www.dancow.co.id/dpc//sites/default/files/2019-09/ARTIKEL2.png

1.Jenis Makanan dan Kandungan Gizi

Memberikan makanan bergizi untuk anak memang harus memenuhi aturan gizi seimbang. Oleh karena itu sangat perlu Ibu memiliki pengetahuan tentang jenis makanan dengan kandungan gizi apa saja di dalamnya. Misalnya jenis makanan yang mengandung karbohidrat, protein, serta sayur dan buah. 

Setelah mengetahui jenis makanan dan kandungan gizi didalamnya, Ibu dapat memilih kombinasi yang tepat untuk makanan buah hati. Usahakan untuk mengolah makanan yang bervariasi setiap hari dan meminimalisir penambahan penyedap dan gula.

2. Kebersihan Alat dan Bahan

Ketika mengolah dan menyiapkan makanan untuk anak, Ibu juga harus protektif terhadap alat dan bahan nya. Untuk bahannya, Ibu dapat membersihkan bahan makanan dengan mencucinya di air yang mengalir. Percuma jika bahan yang digunakan bergizi namun peralatan yang digunakan tidak bersih. Begitu pula sebaliknya, percuma jika alat yang digunakan bersih namun bahan yang digunakan tidak dibersihkan dengan benar.

3. Mengolah Makanan Anak Sekreatif Mungkin

Kreatifitas Ibu dapat membantu anak-anak menyukai makanan bergizi lho! Hal ini bisa dibuktikan ketika mengolah makanan bergizi untuk anak. Ibu dapat memasak sayur yang sudah masuk dalam daftar “tidak disukai” anak dengan olahan yang berbeda. Misalnya ketika anak tidak suka dengan brokoli, Ibu dapat mengolah brokoli menjadi lauk krispy. Pasti sensasi krispy pada brokoli akan langsung disukai anak-anak.

4. Menghindari Anak Jajan di Luar

Ketika anak-anak ingin jajanan yang ada di luar rumah, Ibu dapat membuatkan sendiri cemilan atau makanan serupa. Dengan membuat sendiri tentu saja Ibu dapat mengkombinasikan bahan-bahannya dengan bahan yang bergizi. Tentu saja cemilan ala rumahan lebih terjamin.