Tips Menjaga Kesehatan Organ Pencernaan Anak

0
94
susah bab
susah bab

Organ pencernaan akan sangat berpengaruh terhadap tumbuh kembang seorang anak selain itu juga gangguan terhadap sistem pencernaan akan sangat berpengaruh terhadap imunitas dan daya tahan tubuh anak-anak. Beberapa macam permasalahan seperti susah bab, diare hingga muntah merupakan beberapa macam gejala terganggunya sistem pencernaan pada seorang anak. Agar hal tersebut tidak semakin parah dan berpengaruh terhadap kembang sang buah hati semua orang tua perlu mengetahui cara untuk menjaga dan mengatasi segala macam permasalahan yang dialami pada anak-anak khususnya organ pencernaan yang dimilikinya.

Berikut ini ada beberapa tips yang bisa dilakukan oleh semua orang tua untuk meredakan gejala susah bab, diare dan beberapa macam gejala gangguan pencernaan pada anak-anak.-titik yang pertama adalah penuhi kebutuhan serat pada anak.

susah bab
susah bab

Anak berusia 1 sampai 3 tahun membutuhkan kurang lebih 16 gram serat setiap harinya sedangkan anak-anak yang berusia 4 sampai 6 tahun membutuhkan kandungan serat yang lebih tinggi yaitu sekitar 22 gram per hari untuk memenuhi kebutuhan serat tersebut kita bisa memberikan beberapa macam menu makanan seperti kacang merah wortel, buah-buahan hingga sereal.-titik yang kedua adalah memenuhi asupan cairan pada tubuh anak-anak.

Salah satu penyebab timbulnya permasalahan pada organ pencernaan adalah kurangnya asupan cairan pada tubuh sang buah hati. Air memiliki fungsi dan peranan yang sangat penting untuk memecah makanan, berpengaruh terhadap sistem sekresi pada tubuh hingga pada proses pencernaan.

Tips untuk mengatasi masalah susah bab dan gangguan pencernaan selanjutnya adalah memberikan susu pertumbuhan anak yang sesuai. Khusus bagi anak-anak yang telah menuntaskan program asi bisa mengkonsumsi susu pertumbuhan anak yang tepat dengan kandungan nutrisi yang lengkap.

Susu pertumbuhan anak yang diberikan harus memiliki kandungan asam lemak omega-3 yang bermanfaat untuk kecerdasan anak sekaligus frukto oligosakarida dan lacto oligosakarida yang memiliki manfaat untuk menjaga kesehatan organ pencernaan. Hal yang tidak kalah penting yang harus dilakukan oleh setiap orang tua adalah memastikan makanan yang diberikan kepada sang buah hati merupakan makanan yang layak untuk dikonsumsi berdasarkan usianya.