Sudahkah Anda mendengar tentang inovasi baru dari Bank Indonesia yaitu Gerbang Pembayaran Nasional (GPN) dari Faspay? Mungkin sudah. Tapi apakah Anda sudah mencari tahu lebih dalam tentang apa itu GPN dan apa manfaat serta kelebihannya? Mungkin artikel ini dapat membantu Anda untuk menghilangkan sedikit rasa penasaran Anda tentang Gerbang Pembayaran Nasional.

Secara singkat, Gerbang Pembayaran Nasional adalah sebuah sistem yang menyatukan instrumen dan kanal pembayaran secara nasional. Gerbang Pembayaran Nasional dibuat dalam kartu debit dengan logo burung garuda berwarna merah. Sebenarnya rencana kemunculan sistem GPN ini telah digodok selama 20 tahun oleh pemerintah dan pada tahun 2017 lalu. Lantas mengapa sistem GPN ini akan menguntungkan untuk nasabah?

Gerbang Pembayaran Nasional
Gerbang Pembayaran Nasional
Kemudahan Bertransaksi Non-Tunai Dengan Sistem Interoperability Dan Interconnectivity

Untuk Anda yang sering belanja di pusat perbelanjaan, pasti tidak asing lagi untuk melihat banyaknya mesin EDC yang ada di meja kasir. Mengenai ini dikarenakan adanya sebuah perbedaan sistem setiap bank dalam menerima transaksi non tunai sehingga nasabah tidak dapat bertransaksi dengan mesin EDC dari bank lain. 

Rendahnya tingkat MDR dalam setiap transaksi

Tidak banyak masyarakat yang menyadari bahwa transaksi non tunai yang Anda lakukan ternyata dikenakan biaya(charge) yang disebut dengan Merchant Discount Rate (MDR). Ternyata, biaya yang dikenakan card processor seperti Visa dan Master bisa mencapai angka hingga 3% di setiap transaksinya. Melihat tingginya biaya ini, GPN memang dihadirkan oleh pemerintah untuk memangkas biaya MDR menjadi hanya 1% saja untuk menurunkan beban bagi merchant/pemilik bisnis.

Jaminan untuk Keamanan Data Nasabah 

Gerbang Pembayaran Nasional sebentar lagi juga akan segera siap digunakan untuk transaksi online. Layanan ini akan segera diimplementasikan di berbagai website eCommerce, bank serta payment gateway partners untuk mendukung pertumbuhan jumlah transaksi online serta pemerataan inklusi keuangan di Indonesia. 

Jadi, untuk Anda yang sudah ingin merasakan manfaat dari kartu Gerbang Pembayaran Nasional, tentunya ini saat yang tepat untuk menukarkan kartu debit Anda yang lama dengan kartu berlogo GPN. Selain banyaknya keuntungan yang dapat Anda dapatkan, tentunya Anda juga dapat mendukung program pemerintah untuk mewujudkan cashless society di tahun 2019 ini.

By Bisnis