Cara Menggunakan PH Meter

0
475
Cara Menggunakan PH Meter
Cara Menggunakan PH Meter

Cikal bakal dari alat pengukur tingkat keasaman atau kebiasaan pada air/cairan ini dimulai pada sekitar tahun 1906. PH meter dengan sistem elektrik pertama kali ditemukan dan diperkenalkan oleh Max Cremer. Alat tersebut mengalami perkembangan hingga pada tahun 1936 seorang yang bernama Arnold Orvile Beckmen mulai mengkomersilkan alat tersebut hingga sampai saat ini sudah banyak produsen maupun distributor yang jual PH meter di dunia terutama di Indonesia. pengukur ini saat ini bukan suatu barang yang langka untuk ditemukan dan dibeli.

Banyak orang yang sudah mengenali apa itu asam, akan tetapi masih banyak orang yang belum mengenal apa itu basa. Saya akan sedikit menjelaskan tentang apa itu basa yang dapat di ukur oleh PH meter ini. Basa adalah sebuah senyawa kimia yang mampu menyerap ion hydronium ketika larut didalam air. Basa dapat dikatakan juga lawan dari asam dengan PH lebih dari 7. Sifat dari basa adalah memiliki rasa yang pahit, kaustik, licin, nilai PH di atas 7, mengubah warna dari lakmus merah menjadi berwarna biru, menetralkan asam serta mampu menghantarkan arus listrik. Saat ini distributor yang jual PH meter semakin banyak bahkan anda dapat membelinya secra online.

Untuk pengunaan alat ukur ini caranya cukup mudah:

1 . Sediakan sebuah larutan yang akan anda cari tingkat keasamannya

2 . Perlu diingitkan, penting bagi anda untuk memastikan suhu dari larutan yang akan anda ukur. Jangan melakukan pengukuran pada air/cairan dengan suhu yang panas dan jangan juga melakukannya pada suhu yang sangat dingin atau air es.

3 . Terlebih dahulu bersihkan elektroda dan mengeringkannya dengan tisu setelah selesai.

4 . Hidupkan alat PH meter dan masukan elektroda yang sudah dibersihkan dan dikeringkan tadi pada larutan. Putar elektroda tersebut agar larutan menjadi homogeny.

5 . Lanjutkan dengan menekan tombol MEAS untuk melakukan pengukuran. Setelah itu akan muncul display yang bertuliskan “HOLD” yang berkedip-kedip kemudian tunggu sampai tulisan tersebut berhenti berkedip.

6. Setelah semua proses di atas dilakukan dengan benar maka akan keluar hasil dari pengukuran.

Anda dapat memesan PH meter sekarang juga pada penjual yang jual PH meter. semoga artikel ini dapat memberikan anda referensi.