Gunung Papandayan adalah suatu gunung dengan ketinggian 2665 mdpl, gunung ini adalah gunung berapi yang masih tetap aktif ada di daerah kecamatan Cisurupan, Kab. Garut. Disamping selatan gunung ini ada Gunung Guntur serta disamping timurnya ada Gunung Cikuray yang menjulang menembus langit Garut.

Gunung Papandayan adalah kerucut paling selatan dari jejeran gunung api di priangan selatan yang sudah diklasifikasikan (mulai sejak zaman penjajahan Belanda) juga sebagai gunung aktif yang cukup beresiko di Jawa Barat. Letusan-letusan yang berlangsung mulai sejak jaman dulu bikin bentuk gunung ini seperti potongan tapal kuda. Kawah tertuanya terdapat di Tegal Alun-alun yang sudah lama mati serta beralih jadi padang terbuka. Dinding kawah tua ini membuat kompleks pegunungan dengan puncak-puncaknya yakni Gunung Malang (2675 Mdpl), Gunung Masigit (2619 Mdpl), Gunung Saroni (2611 Mdpl) serta Gunung Papandayan (2665 Mdpl) yang melingkari Tegal Alun-alun. Di padang inilah nampak mata air yang menjelma jadi Sungai Ciparugpug.

Di sekitar areal tapal kuda ini, kita dapat juga lihat gunung-gunung kecil yang melingkari Gunung Papandayan, diantaranya Gunung Puntang (2555 Mdpl), Gunung Walirang (2238 Mdpl), Gunung Tegal Paku (2225 Mdpl) serta Gunung Jaya (2422 Mdpl). Sesaat dilembah di antara Gunung Puntang serta Gunung Walirang ada sungai Cibeureum Gede yang mengalir ke Sungai Cimanuk.

Gunung serta Kawah Papandayan Tempat Wisata Alam Garut
Akses Menuju Gunung Papandayan

Untuk meraih gunung papandayan ini bisa ditempuh dengan memakai perjalanan darat. Ada dua akses untuk meraih tempat ini yang pertama dari Cisurupan serta yang ke dua bisa dibuka lewat Pangalengan, tetapi untuk akses jalur yang ke-2 diperlukan kendaraan yang mumpuni untuk menangani treknya serta diperlukan pemandu untuk menembus trek dari daerah Pangalengan menuju Gunung Papandayan ini.

Untuk yang membawa kendaraan pribadi dari Kota garut bisa segera menuju pertigaan Cisurupan, di sini baraya bakal temukan plang Selamat Datang di Gunung Papandayan. Sesudah temukan titik ini anda aman, bila masih tetap sangsi dapat lakukan sosped aka ajukan pertanyaan pada orang seputar serta setelah itu dapat menuju parkiran Gunung Papandayan.

Sarana di Gunung Papandayan

Gunung ini sendiri sudah dilengkapi dengan sebagian sarana yang sangat mungkin wisatawan serta beberapa peneliti untuk bertandang ke sini. Lapangan parkir seluas lapangan bola. MCK, Mushola, warung-warung makanan serta beberapa kumpulan pemandu yang terlatih baik pengetahuan serta kekuatan bhs inggrisnya cukup bisa memanjakan serta menolong kita untuk lebih dalam mengerti isi gunung serta kekayaan rimba yang ada di Gunung papandayan.
Kawah Gunung Papandayan

Di Gunung Papandayan ada empat kawah istimewa yang terbentuk lantaran letusan dahsyatnya dimasa silam, kawah itu yaitu Kawah Mas, Kawah Baru, Kawah Nangklak, serta Kawah Manuk. View kawah-kawah ini telah bisa tampak dari Garut kota, terutama bila kita sudah masuk lokasi Bayongbong, suatu kecamatan saat sebelum masuk darah Cisurupan.

Daya Tarik Wisata Gunung Papandayan

Lantas apa sebenarnya sebagai daya tarik wisatawan untuk Gunung Papandayan ini? Lantaran Gunung Papandayan adalah gunung berapi aktif yang mempunyai kawah tentu kawah adalah salah satu daya tarik yang sering kali jadikan maksud wisata, baik itu wisatawan domestik ataupun wisatawan luar negeri. Diluar itu ada sabana yang sangatlah luas serta indah, daerah ini adalah padang rumput yang mempunyai luas 8 Hektare, daerah ini bernama Pondok Saladah, suatu tempat yang sangatlah tak asing lagi untuk beberapa pendaki gunung. Pondok Saladah ada pada ketinggian 2288 mdpl.

Objek-objek wisata menakjubkan yang ada di gunung ini terbentuk dengan cara alamiah dari sistem vulkanisma yang sudah berjalan di saat lampau. Kesibukan yang berlangsung sepanjang beratus-ratus th. ini, sudah membuahkan serta meninggalkan bentuk-bentuk alam yang khas berbentuk kerucut gunung api, kawah, singkapan bebatuan serta terbentuknya struktur-struktur baru berbentuk curug (air terjun), danau, mata air panas, lubang semburan uap panas dari dalam tanah, kolam-kolam mendidih serta endapan belerang berwarna kuning yang menyatu dengan bentang alam yang di penuhi batuan berantakan serta dataran-dataran terbuka yang diselimuti rerumputan serta tumbuhan edelweis yang indah atau hutan-hutan tua berbalut lumut yang mengagumkan.
Flora serta Fauna Gunung Papandayan

Sebagian flora has yang bisa kita dapatkan di Gunung Papandayan salah satunya Pohon Suagi (Vaccinium valium), Edelweis (Anaphalis javanica), Puspa (Schima walichii), Saninten (Castanea argentea), Gunakan (Quercus platycorpa), Kihujan (Engelhardia spicata), Jamuju (Podocarpus imbricatus), serta Manglid (Magnolia sp). Sedang potensi fauna lokasi salah satunya Babi Rimba (Sus vitatus), Trenggiling (Manis javanicus), Kijang (Muntiacus muntjak), Lutung (Trachypitecus auratus) dan sebagian type burung diantaranya Walik (Treron griccipilla), serta Kutilang (Pycononotus aurigaste).

Sunrise di Gunung Papandayan Garut

Gunung Papandayan memiliki lokasi rimba Dipterokarp Bukit, rimba Dipterokarp Atas, rimba Montane, serta rimba Ericaceous.

Trek Jalur Pendakian Gunung Papandayan Garut
Jalur Pendakian Gunung Papandayan

1. Parkiran Pondok Salada
2. Pondok Salada Alun-alun Tegal Alun
3. Tegal Alun Puncak

Bila baraya semua main ke Garut, janganlah lupa untuk menyempatkan diri sesaat berkunjung ke Gunung Papandayan dengan pesona alam yang memukau.