Buah Yuzu Kaya Vitamin C yang Meningkatkan Sistem Imun Tubuh

0
172
manfaat buah yuzu

Sistem imun atau biasanya disebut dengan sistem kekebalan atau dalam bahasa Inggris disebut immune system merupakan sistem pertahanan sebagai perlindungan terhadap infeksi dari makromolekul asing atau serangan patogen, termasuk bakteri, virus, protozoa dan parasit.

Sistem imun juga memiliki peran dalam perlawanan terhadap protein tubuh dan molekul lain seperti yang terjadi pada auto imunitas, dan melawan sel yang bisa bertransformasi menjadi tumor.

Sehingga kita membutuhkan beberapa asupan makanan yang mampu meningkatkan sistem imun agar tetap terjaga dari bakteri, virus, parasit dll. Salah satu asupan makan yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh adalah buah yuzu.

Yuzu atau Citrus ichangensis x C, reticulata, merupakan sejenis tanaman jeruk yang berasal dari daerah Asia Timur. Yuzu ialah turunan dari jeruk mandarin dan citrus ichangensis. Buah yuzu biasanya sedikit lebih kecil dari grape fruit dan memiliki kulit yang kasar, serta warnanya hijau hingga kuning oranye yang bergantung pada kematangannya.

Ukuran buah ini memiliki diameter berkisar antara 5,5 cm hingga 7,5 cm. Manfaat buah yuzu sendiri adalah untuk meningkatkan sistem imun manusia. Hal ini karena kadar vitamin C nya yang tinggi. Kandungan vitamin C dari buah ini bahkan tiga kali lipat buah lemon.

manfaat buah yuzuMengkonsumsi buah yuzu setiap hari dapat meningkatkan sistem imun. Hal ini karena kandungan viatmin C nya tinggi. Seperti halnya peran vitamin C untuk antibodi. Antibodi yang juga biasa disebut dengan immunoglobulin adalah protein yang diproduksi oleh tubuh untuk membantu melawan zat asing di dalam tubuh.

Ketika Anda sakit, tubuh akan menghasilkan antibodi yang berfungsi untuk melawan penyakit tersebut. Salah satu cara agar dapat meningkatkan kinerja antibodi ialah dengan mencukupi kebutuhan asupan vitamin C di dalam tubuh.

Vitamin C yang memiliki peran sangat ampuh dalam membentuk antibodi sehingga bisa meningkatkan kekebalan tubuh. Maka dari itu seseorang yang rutin memenuhi kebutuhan vitamin C biasanya memiliki kondisi tubuh yang tidak mudah terserang penyakit.

Salah satu cara untuk memenuhi kebutuhan vitamin C salah satunya dengan mengonsumsi buah-buahan yang kaya kandungan vitamin C seperti buah Yuzu. Namun, alangkah baiknya buah ini dikonsumsi dalam bentuk olahan minuman yang menyegarkan seperti dibuat sirup atau bisa juga untuk campuran teh. Itulah manfaat buah yuzu yang dapat membantu meningkatkan kekebalan imun.