Tahap Tahap Perkembangan Anak

0
109

Sebagai orang tua tentu saja menyaksikan perkembangan anak dari mulai lahir, berjalan ataupun berbicara merupakan hal yang baru membuat bahagia. Dengan melihat kondisi pertumbuhan bayi baru lihat hingga usia bayi tiga tahun, Anda tentu akan mengerti pertumbuhan apa saja yang terjadi pada si kecil.

Berikut adalah kondisi perkembangan anak Anda hingga usia tiga tahun agar Anda lebih siap dalam merawatnya.

perkembangan anak

Ketika bayi baru lahir, menangis merupakan tindakan yang alami bayi karena menyesuaikan terhadap lingkungannya yang baru. Dan pada saat berumur 1 bulan, si kecil akan sangat suka tidur. Namun, ia memerlukan beberapa waktu sebelum dapat membedakan pagi dan malam. Memasuki bulan ke 2 Si kecil sudah dapat melihat lebih jauh dan tidak lama lagi ia akan mulai mencoba meraih benda yang ada di dekatnya.

Di bulan ke 3 Bayi mulai memerhatikan dan mendengar suara Ibunya dengan girang melalui ikatan batin. Pada usia ke 4 bulan kecil mulai sering belajar bermainan dan mengobrol dengan orangtuanya. Bulan ke 5 ini si kecil akan mulai menghabiskan botolnya dengan cepat sekali jika ia sedang lapar.

Pada bulan ke 6 Si kecil mulai menginisiasi interaksi sosial. Ia akan melambaikan tangannya untuk minta digendong dan tersenyum jika melihat Ibunya. Masa ini adalah masa serba pertama bagi buah hati anda. Memasuki bulan ke 7 si kecil sudah mulai merasakan enaknya makanan padat karena sudah Kebiasaan menyuruh anak untuk menjadi anak yang kuat, tidak cengeng, bisa melakukan ini-itu, membuatnya berusaha menunjukkan diri kuat.

Caranya, dengan tidak berterus terang tentang luka, kecelakaan, atau sakitnya.lihatkan gigi pertamanya. Ia juga sudah bisa memegang beberapa benda sekaligus. Si kecil yang berumur 8 bulan dapat mengingat kejadian yang baru terjadi. Dan secara emosional ia akan menangis karena tidak sabar. Bayi yang berusia 9 bulan sangat senang mengacak-ngacak untuk mencari mainan dan mengeksplorasinya.

Dalam mengembangkan saat usia 10 bulan kemampuan menggenggam, mainan menjadi sangat penting untuk menstimulasi otak si kecil. Permainan fisik seperti mengelitik membuat si kecil ketagihan dan berteriak girang. Pada perkembangan anak di usia 11 bulan si kecil mulai memperhalus gerakan tangannya. Ia akan mulai menunjuk dan tidak lagi meraup dengan seluruh tangannya, tetapi akan menggunakan jempol dan telunjuknya untuk menjepit.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here