Mengenal Macam Permainan Olahraga Tradisional

0
847
permainan olahraga tradisional
permainan olahraga tradisional

Permainan merupakan salah satu hal untuk mencari kesenangan, termasuk permainan olahraga tradisional yang banyak dimiliki oleh masing-masing daerah yang ada di Indonesia. Keberagaman suku bangsa dan tradisi yang ada di Indonesia, menimbulkan keberagaman pula jenis permainan tradisional yang ada di Indonesia.

Ada 3 jenis permainan yang biasanya diperkenalkan dalam mata pelajaran pendidikan jasmani dan rohani, seperti yang pertama adalah permainan bebentangan, dimana permainan ini adalah permainan yang memintah pemainnya untuk mempertahankan bentengnya dari serangan lawan. Benteng ini bisa sangat fleksibel dibentuk dari apapun. Sehingga tidak memerlukan bahan yang terlalu berlebihan. Seadanyanya saja, seperti gelas plastik, tongkat, batu, dan lain sebagainya sesuai bahan yang ada di lingkungan sekitar.

Kedua adalah permainan tarik tambang. Dimana permainan ini selalu hadir dalam setiap perlombaan pada bulan Agustus sebagai pemeriah acara kemerdekaan Indonesia. Permainan ini akan membentuk 2 regu yang saling menarik seutas tali tambang. Pemenang akan ditentukan berdasarkan dari batas penarikan yang telah ditentukan. Biasanya dilaksanakan dengan beberapa ronde.

Dimana kemenangan ditentukan dengan skor kemenangan berapa kali. Kemudian yang ketiga adalah permainan hadang yang dimainakan di sebuah lapangan berbentuk persegi panjang. Permainan ini dilakukan dengan kerja sama tim yang saling melawan dengan tim lain. Model permainannya cukup simpel, yakni dengan 1 tim sebagai penghadang atau pemertahan yang berdiri di garis hadangnya dan 1 timnya sebagai penyerang.

Sebenarnya masih ada banyak permainan tradisional yanga ada di Indonesia. Namun, tidak semua permainan dapat dilaksanakan sebagai media pembelajaran di sekolah. Baik untuk peserta didik usia taman kanak-kanak mapupun peserta didik usia sekolah dasar. Sehingga pengenalan permainan tradisional tidak sepenuhnya untuk seluruh permainan untuk masing-masig daerahnya, hanya untuk beberapa permainan yang masih terkenal sampai sekarang. Karena jika kita menuruti pelatihan seluruh permainan hal tersebut, bisa dipastikan dalam 1 tahun pengajaran, proses pengenalan tidak akan selelsai karena permainan olahraga tradisional yang ada di Indonesia ada banyak sekali macam dan jenisnya.