MENGURANGI STRESS DENGAN MENULIS DI BLOG

0
281
Sumber: https://www.popsugar.com/smart-living/How-Writing-Can-Help-Reduce-Stress-Anxiety-43342977
Sumber: https://www.popsugar.com/smart-living/How-Writing-Can-Help-Reduce-Stress-Anxiety-43342977

Stress memang tidak bisa dihindari. Setiap orang pasti mempunyai masalah yang harus dihadapi. Seperti pepatah Perancis mengatakan, “Chacun a son problem” yang artinya setiap individu (hidup) dengan masalahnya sendiri.

Stress kadang dapat membahayakan diri seseorang. Banyak pendekatan atau pengobatan yang dilakukan untuk mengurangi stress. Namun, pengobatan medis tidak menjamin seseorang dapat terbebas dari stress, terlebih biaya yang harus dikeluarkan cukup besar.

Namun tahukah kamu kalau stress ternyata dapat dikurangi dengan menulis? Kamu dapat menuangkan tulisan kamu dalam bentuk apa pun. Apalagi jika kamu menuliskan sudut pandang kamu terhadap masalah yang dihadapi. Memang, hal ini tidak menjamin 100% terbebas dari masalah, tetapi ternyata efek yang dihasilkan tidak jauh berbeda seperti kamu konsultasi dengan psikolog.

Setiap orang bisa menulis apa pun. Bagi kamu yang tidak punya kegemaran dalam menulis pun, bisa dilakukan seperti kamu sedang membuat buku harian. Terlebih jika tulisan kamu dituangkan ke dalam hal yang lebih menarik seperti ke dalam blog. Ya, tulisan tidak harus selalu dituangkan kedalam bentuk konvensional dalam buku atau kertas saja melainkan dapat dituangkan ke dalam blog pribadi kamu. Mengapa menulis lebih menarik di dalam blog? Begini penjelasannya.

Bercerita Lewat Blog

Blog adalah media yang dapat diakses oleh siapa pun tanpa kamu ketahui setiap orang yang membaca tulisan kamu. Selain itu, blog juga dapat menjadi media berbagi pengalaman, pemikiran, dan sudut pandang terhadap suatu masalah yang melibatkan berbagai pihak.

Kamu tidak perlu menjelaskan secara detail mengenai masalah yang kamu hadapi, melainkan berbagi dan menyampaikan sudut pandang terhadap masalah tersebut. Selanjutnya, cerita dan masalah yang kamu hadapi dapat dituangkan seolah fiktif atau sebuah karangan belaka. Namun dengan kemasan dan pemikiran riil kamu dalam masalah tersebut, akan membuat cerita itu menjadi lebih menarik.

Kecintaannya pada makanan sehat membuat Helga Angelina, Founder Burgreens, memutuskan untuk mendaftarkan bisnisnya dengan domain .net. Lewat burgreens.net, Helga juga bercerita tentang Burgreens yang menjawab pertanyaannya mengapa fast food tak bisa dibuat sehat? Bagaimana pentingnya makan sehat untuk kesehatan mereka yang mengkonsumsi dan juga bagi lingkungan. Kamu bisa ikutin cerita Helga di youtu.be/lBy4lymV0eo.

Ternyata hanya dengan mencurahkan permasalahan kita dalam bentuk blog dapat menjadi peluang untuk berbisnis juga. Artinya setiap masalah dan stress yang dihadapi tidak sepenuhnya hanya bisa membebani kamu saja. Jika kamu dapat mengambil celah dan sisi positif dari setiap masalah, maka ada banyak hal positif yang dapat kamu peroleh.

Nah, kamu juga bisa ikutin Helga yang menceritakan apa yang ia sukai. Menulis memang bukan obat mujarab dari permasalahan yang dihadapi. Akan tetapi tulisan dapat menjadikan hal negatif menjadi positif selama kamu dapat menanggapinya dengan sudut pandang berbeda. Untuk membuat blog yang sederhana mengenai pengalaman kamu, kamu dapat menggunakan .net sebagai salah satu TLD terpopuler sebagai pilihan domainmu. Untuk mempunyai informasi lebih lanjutnya, kamu bisa membuka jawabkenapamudengan.net.