Alasan Mengapa KPR Rumah Anda Ditolak

0
73
KPR Rumah
KPR Rumah

Mengajukan KPR rumah memang susah-susah gampang. Walau pemerintah sedang menggalakkan subsidi untuk kepemilikan rumah sederhana, namun seringkali saat mengajukan kredit, ditolak oleh bank. Terkadang setelah semua persyaratan dipenuhi, tetap saja pengajuan KPR tidak disetujui. Sebenarnya apa saja alasan bank menolak pengajuan kredit nasabahnya?

Usia yang sudah tidak muda lagi

Maksimal usia calon kreditur adalah 50-55 tahun. Itu juga dengan tenor yang tidak panjang, karena bank juga harus memperhitungkan usia produktif calon kreditur. Jadi jika usia Anda sudah mendekati batas usia maksimal, sebaiknya Anda tidak mengajukan KPR rumah lagi. Beli saja rumah impian Anda dengan sistem cash lunak atau cash bertahap. Biasanya developer memberi waktu 6-24 bulan untuk pembayaran cash bertahap. Hal ini akan lebih mudah mengingat usia Anda yang mendekati usia tidak produktif.

KPR Rumah
KPR Rumah

History tunggakan cicilan Anda di masa lalu

Jangan sangka tunggakan Anda di masa lalu tidak mempengaruhi keputusan bank untuk meloloskan pengajuan kredit Anda saat ini. Semua data Anda tersimpan di Bank Indonesia, sehingga bank manapun dapat membuka data tersebut dan mengetahui history pinjaman Anda. Jangan coba-coba bebohong juga karena jelas akan ketahuan. Jika dulu Anda pernah menunggak kredit namun sekarang telah dilunasi, Anda dapat meminta surat keterangan lunas dari Bank atau penyedia kredit Anda. Agar pengajuan KPR Anda tidak bermasalah karena sejarah tunggakan kredit lama Anda.

Pekerjaan yang tidak mendukung

Pekerjaan yang tidak mendukung atau tidak tetap akan membuat bank ragu untuk menerima pengajuan  kredit Anda. Jika pasangan Anda memiliki pekerjaan yang lebih mumpuni, sebaiknya kredit diatasnamakan pada nya.

Penghasilan terlalu kecil

Minimal penghasilan seorang pengaju kredit adalah tiga kali lipat dari besar angsuran per bulannya. Hal ini untuk memastikan kreditur dapat membayar cicilan KPR tanpa kesulitan. Jika pengajuan kredit Anda Ditolak dengan alasan ini, Anda dapat menambah DP atau memanjangkan tenor kredit.

Semoga pembahasan di atas dapat membantu Anda, dan pengajuan KPR rumah Anda tidak ditolak lagi.