Inilah Prospek Kerja Teknik Informatika Profesi Paling Dicari

0
279
prospek kerja teknik informatika
prospek kerja teknik informatika

Mungkin banyak dari calon mahasiswa yang masih bingung untuk memilih jurusan apa yang cocok dengan minat dan bakat mereka di perkuliahan. Namun kini, sepertinya kebingungan kamu tersebut bisa terjawab sedikit dengan dirilisnya hasil Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi tahun 2020 pada beberapa waktu yang lalu. Dalam hasil tersebut dirilis juga 20 besar program studi sains dan teknologi, termasuk teknik informatika, dimana dalam artikel kali ini kita akan membahas mengenai bagaimana prospek kerja teknik informatika dalam beberapa tahun kedepan. 

Pada pengumuman tersebut, disebutkan juga bahwa untuk kategori prodi sains dan teknologi, maka teknik informatika serta farmasi menjadi pilihan yang paling popule bagi siswa SNMPTN tahun 2020, bahkan menjadi yang paling ketat persaingannya. Lantas, apakah mahasiswa teknik informatika nantinya akan mudah mendapatkan pekerjaan? Untuk lebih meyakinkan kamu, ada baiknya kita simak penjelasan selengkapnya dari IDS Digital College berikut ini. 

prospek kerja teknik informatika
prospek kerja teknik informatika

(source:https://1.bp.blogspot.com/-VI0VW8Y7coE/U8Yb1ZFXkdI/AAAAAAAADFc/fs9ZYlMhTo8/s1600/Snap+2014-07-16+at+13.28.58.jpg)

Memiliki prospek kerja yang cukup cerah

Seiring dengan perkembangan teknologi yang semakin pesat, dimana semua orang nyaris sudah akrab dengan gadget dan digital, maka jurusan teknik informatika diyakini memiliki prospek yang sangat cerah. Jurusan ini sendiri akan mengharuskan kamu untuk mempelajari serta menerapkan berbagai prinsip dari ilmu komputer, logika matematis, desain, pengembangan, sistem operasi komputer, dan masih banyak lagi. 

Meskipun terdengar sedikit ribet, namun faktanya tanpa kamu sadari bahwa manusia saat ini sangat akrab dengan itu semua. Sebagai contoh adalah bagaimana saat seseorang berbelanja online dengan mudah dan nyaman, semuanya tak lepas dari campur tangan para pekerja di bidang teknik informatika. Tak hanya itu, di jurusan ini kamu juga dituntut untuk tetap memberikan hasil yang kreatif dari sebuah ide atau gagasan dan kemudian mengubahnaya menjadi sebuah bahasa pemrograman. 

Menurut laporan yang dikeluarkan oleh Bureau of Labor and Statistic (BLS), profesi pekerjaan di bidang informatika mengalami pertumbuhan yang sangat signifikan sejak tahun 2014, dan di prediksi hingga tahun 2024 peminatnya masih sangat banyak, dengan pertumbuhan rata-rata sekitar 12 persen, diatas bidang profesi kebanyakan. 

Bahkan dalam sebuah penelitian disebutkan bahwa prospek kerja teknik informatika ini akan meliputi hampir seluruh lembaga pemerintahan, swasta, BUMN, ataupun startup serta software house. Biasanya, profesi di bidang teknik informatika yang paling banyak dicari seperti arsitek jaringan komputer, ahli keamanan cyber, web developer, software developer, ataupun IT konsultan. 

Mampu di gaji hingga belasan juta rupiah 

Di lain sisi, sebuah  survey yang dilakukan oleh platform belajar data science secara online menemukan fakta bahwa lulusan teknik informatika, dengan beragam keahlian nantinya dapat digaji hingga belasan juta rupiah, salah satunya seperti bidang data science. Mulai dari data analys yang digaji hingga Rp 11 juta per bulan, data engineer hingga Rp 13 juta per bulan, ataupun data scientist dengan kisaran gaji Rp 15 juta per bulan. 

Bahkan, disebutkan juga bahwa 7 dari 10 profesi yang paling populer dan paling mencolok di tahun 2022 rata-rata berada di bidang teknik informatika, seperti misalnya: 

  • Data Analist and Data Scientist. 
  • AI and Machine Learning Specialists. 
  • Software and Application Developer Analyst. 
  • Big Data Specialist. 
  • Digital Transformation Specialist. 
  • New Technology Specialist. 
  • Information Technlogy Service. 

Demikianlah penjelasan singkat mengenai prospek kerja teknik informatika saat ini dan di tahun-tahun kedepan. Bagaimana dengan kamu? Tertarik untuk mulai mempelajarinya? Jika ya, kamu bisa langsung bergabung bersama IDS Digital College di website www.ids.ac.id sekarang juga, dan cari tahu lebih lanjut mengenai jurusan teknik informatika secara mudah dan gampang. 

Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.