Cara Merawat Rem Tromol Klx

0
454
Cara Merawat Rem Tromol Klx
Cara Merawat Rem Tromol Klx

Tahukah jenis rem motor anda apa? Jika tromol klx, kali ini kami akan membagi cara merawatnya. Rem berfungsi sebagai penghenti atau pengurang kecepatan suatu kendaraan.  Saat ini macam rem atau brake yang paling banyak digunakan ada dua,yaitu  tromol klx dan brake cakram. Adapun cara kerja tromol klx sebagai berikut. Pada saat brake diinjak  atau  ditekan maka tuas mendorong piston master cylinder.Piston master cylinder menekan fluida,tekanan akan diteruskan merata keseluruh cylinder roda.

Cara Merawat Rem Tromol Klx

Piston cylinder roda mendapat dorongan  atau  tekanan dari fluida dan piston meneruskan gaya ani menekan kampas rem,dan kampas brake menekan dinding dalam tromol klx sehingga terjadi pengereman atau gesekan.Pada saat pedal brake dan pegas kampas brake akan menarik kampas rem.Tekanan ini berdampak tekanan pada piston cylinder roda dan tekanan ini akan mendorong fluida kembali ke master cylinder.

Pengecekan tromol klx. Buat melakukan kerja pengereman yang baik pada saat melakukan pengereman,system brake melakukan pengecekan atau perwatan secara teratur.dibawah ini akan dijelaskan langkah – lankah pengecekannya. Langkah pengecekan pada tromol klx. Lepas roda dan tromol klx rem cek kebocoran minyak brake pada cylinder roda. Bukalah kedua karet pelindung pada siinder roda perhatikan apabila terdapat kebocoran minyak rem,bongkarlah cylinder roda,ceklahcylinder roda dari karat dan kerusakan lainnya.

Ceklah ketebalan pelapis kampas rem. Bila ketebalan pelapis kampas kurang dari batas minimum atau terlihatnya tanda-tanda keausan yang tidak merata,gantilah kampas brake bila perlu cek backing lempengan terhadap keausan atau kerusakan. Oleskan gemuk pada part backing lempengan yang bersinggungan dengan kampas rem. Cek mekanisme penyetelan otomatis. Cek celah antara kampas brake dan tromol klx rem. Ukuran diameter dalam tromol klx kampas rem.

Cek bahwa selisih adalah sama dengan satu. Bersihkan kampas brake dengan kertas amplas. Bersihkan part tromol klx. Tiupkanlah udara bertekanan tinggi dari kompresor pada tromol klx buat membersihkan part brake dari kotoran atau debu. Pasang tromol klx brake dan roda belakang.Isi tube cadangan minyak brake dan lakkukan pembuangan udara system rem. Cek kebocoran minyak rem.