Tips Menjaga Kehamilan Bagi Ibu Yang Hamil Muda

0
167
Tips Menjaga Kehamilan Bagi Ibu Yang Hamil Muda
Tips Menjaga Kehamilan Bagi Ibu Yang Hamil Muda

Ibu hamil muda – bagi ibu muda yang sedang hamil tentu harus banyak bertanya kepada para seniornya yang sudah lama pernah merasakan hamil. Hamil muda merupakan suatu kondisi yang sangat rawan, rentan terhadap berbagai masalah yang mungkin akan timbul bila anda tidak berhati-hati dalam menjaganya. Disamping itu orang yang sudah berhati-hatipun terkadang akan bermasalah juga dalam kehamilan mudanya bila dia tidak memperhatikan berbagai hal terkait kehamilan. Berikut akan disajikan beberapa tips untuk menjaga kehamilan bagi anda ibu hamil muda :

  1. Memperhatikan makanan

Hal pertama yang harus diperhatikan bagi ibu yang sedang hamil muda adalah makanan, sebagaimana yang kita ketahui bahwa hamil pada trimester pertama atau hamil muda merupakan masa-masa dimana si ibu sering merasa mual muntah terhadap berbagai macam hal terutama makanan. MAKa dari itu penting untuk selalu memperhatikan setiap asupan makanan yang akan dikonsumsi, jangan sampai memakan makanan yang dapat membahayakan kandungan. MAKanlah makanan yang sehat dan menyehatkan meskipun tidak mudah dan perlu perjuangan untuk memakannya. Makanan yang baik dikonsumsi misalnya : buah, sayur, kacang-kacangan, sereal, seafood, dan yang lainnya

  1. Hindari rokok dan obat-obatan

Hal kedua yang harus diperhatikan bagi ibu hamil adalah pola hidup mereka apalagi yang menyangkut dengan kesehatan baik itu kesehatan janin maupun kesehatan ibunya. Hindari rokok, baik dengan menghindari orang-orang yang sedang merokok ataupun ibu hamil yang dulunya senang merokok usahakan selama kehamilan untuk tidak merokok. Begitupun dengan obat-obatan, usahakan bila anda merasa kurang enak badan jangan makan minum obat sembarangan tanpa resep dokter. KArena kedua hal tersebut (rokok dan obat-obatan) tidak baik untuk kesehatan anda  dan janin.

  1. Istirahat yang cukup

Hal lainnya yang harus diperhatikan oleh ibu hamil adalah istirahat yang cukup. Ibu hamil mudah merasa lelah, capek dan lelah. maka usahakan para ibu hamil untuk beristirahat yang cukup. Namun jangan pula males bergerak atau beraktivitas karena hal tersebut akan mempengaruhi pula kehamilan anda.

  1. Jangan beraktivitas yang berat

Hal selanjutnya yang harus ibu hamil perhatikan adalah jangan melakukan aktivitas atau pekerjaan yang berat dan berlebihan. Ingat bahwa sekarang anda tak sendiri, di rahim anda sekarang ada kehidupan yang baik buruknya tergantung dari penjagaan anda selama dalam kandungan. Maka hindari bergerak terlalu aktif, ataupun melakukan pekerjaan yang terlalu berat dan berlebihan.