Tips Memilih Menu Masak Apa Hari Ini

0
346
masak apa hari ini
masak apa hari ini

Masak apa hari ini? Pertanyaan itu sering terbesit setiap hari, menciptakan masakan yang sehat dan hemat memang gampang-gampang susah, karena bunda harus kreatif dalam memilih menu makanan yang berbeda setiap hari. Bunda pasti sangat bingung memilih variasi menu dan harus bisa memenuhi kebutuhan gizi keluarga. Kendala ibu rumah tangga adalah selain harus memberikan beragam variasi jenis makanan, bunda juga harus bisa memenuhi kebutuhan 4 sehat 5 sempurna agar semua anggota keluarga tetap terjaga kesehatannya.

Beberapa orang memang kerap bingung bagaimana menciptakan menu makanan bergizi yang berbeda setiap hari. Caranya pilih kandungan gizi dalam makanan lalu kombinasikan dengan resep masakan lalu anda siap mengolah bahan menjadi makanan yang sehat. Beragam bahan makanan sehat antara lain:

  1. Karbohidrat, kandungan karbohidrat selain terdapat dalam nasi putih juga terdapat dalam ubi-ubian, kentang, beras merah, singkong, mie, bihun dan jagung. Jadi beberapa jenis bahan makanan tersebut bisa menjadi bahan pokok yang bervariasi tidak hanya nasi putih. Jadi tidak perlu bertanya masak apa hari ini? Karena bahan makanan pokok pun bisa berbeda setiap hari.
  2. Protein, sumber protein selain terdapat dalam telur, terdapat juga dalam daging, udang, tempe, tahu, ikan, hati dan kerang. Beberapa jenis makanan itu bisa menjadi variasi menu makanan setiap hari untuk pengganti telur. Olahan bahan makanan mengandung protein lebih terasa nikmat apabila ditambahkan kaldu indofood atau magic lezat Indofood.
  3. Vitamin dan mineral, kandungan vitamin dan mineral terdapat dalam sayuran dan buah-buahan, semakin hijau warna sayuran makan semakin banyak kandungan vitaminnya, sedangkan semakin kuning, merah warna buah (bagian dagingnya) maka semakin bervitamin buah tersebut.

Dalam susunan makanan pokok di Indonesia dikenal 4 sehat 5 sempurna, maka kombinasikan kebutuhan karbohidrat, protein, vitamin dan mineral yang terkandung dalam beberapa bahan makanan tersebut lalu diolah menjadi makanan yang sehat. Sempurnakan kebutuhan makanan bergizi dengan mengkonsumsi susu. Maka dengan beragam pilihan bahan makanan tersebut bunda sudah tidak bingung lagi mau masak apa hari ini. Coba gunakan bahan makanan tersebut dan olah menjadi makanan 4 sehat 5 sempurna untuk keluarga.