Bisnis Ekspor Kayu PT Parna Raya

0
81
PT Parna Raya
PT Parna Raya

PT Parna Raya tidak hanya sukses dalam layanan transportasi. Masih banyak keberhasilan yang diraih perusahaan yang didirikan Bapak Simbolon ini. Salah satunya yaitu ekspor kayu dari komoditi Australia ke kawasan Asia Pasifik. Diantara negara yang menjadi tujuan ekspor yaitu Vietnam dan Bangladesh.

Bisnis Ekspor Kayu

Bisnis yang dijalankan Parna Raya memang bisa dikatakan sudah mencapai kelas internasional. Hal tersebut bisa dibuktikan dengan afiliasi perusahaan yang kini berada di Australia dan Singapura. Salah satu ekspor tertinggi yaitu afiliasi perusahaan Parna Raya di Australia. Perusahaan tersebut bernama Parna Australia Pty Ltd.

Komoditi yang di ekspor dari Australia terus berkembang hingga saat ini. Para pelanggannya sendiri termasuk perusahaan swasta dan publik yang berada di Indonesia. Salah satu perusahaan penghasil kertas di Indonesia juga kini menjadi pelanggan komoditi kayu  dari Parna Australia Pty Ltd. Berikut jenis-jenis kayu yang di ekspor dari afiliasi perusahaan PT Parna Raya di Australia.

  1. Kayu Pinus

Area tumbuh kayu pinus di Australia mencapai 740 ribu hektar. Jenis kayu pinus terbaik yang di ekspor yaitu Pinus Radiata dan Pinus Merkusii. Biasanya kayu pinus ini diekspor sudah dalam bentuk S2S atau S4S. Jadi, yang diekspor bukan merupakan kayu gelondongan.

Kelebihan dari kayu pinus Australia tidak berbeda jauh dengan kayu pinus yang berada di Indonesia. Salah satunya mudah diproses karena memiliki serat yang halus, sehingga memudahkan dan membantu mempercepat proses finishing.

2. Kayu Keras

Kayu keras yang diekspor dari Parna Australia Pty Ltd. Biasanya merupakan lembaran-lembaran. Kayu keras tersebut diantaranya ada jenis kayu kamper, blackbutt, gum spotted, dan merah karet. Kegunaan dari kayu keras sendiri bisa dipakai untuk membuat pondasi rumah, papan decking, furniture, mebel, dan lain sebagainya.

Itulah bisnis ekspor kayu PT Parna Raya yang dilakukan oleh afiliasi perusahaannya, Parna Australia Pty Ltd. Kayu-kayu yang dieskpor ini tentunya merupakan permintaan pasar, baik di Indonesia maupun di kawasan Asia Pasifik yang lainnya.

Demikian besarnya kiprah perusahaan ini dalam mempermudah layanan transportasi maupun ekspor sehingga menjadikan Parna Raya semakin diandalkan banyak pihak.